KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTs
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
|
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
|
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
dalam melaporkan data pengamatan
|
|
|
|
2.4 Menunjukkan
perilaku disiplin dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat
sebagai wujud implementasi pelaksanakan prosedur dalam menggambar segitiga,
garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbunya menggunakan
penggaris, jangka, dan busur
|
|
|
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Membandingkan dan mengurutkan berbagai
jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
|
|
|
3.2
Memahami pengertian himpunan, himpunan
bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
contoh
|
|
|
|
3.3
Menentukan nilai variabel dalam
persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel
|
|
|
|
3.4
Memahami konsep perbandingan dan
menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
|
|
|
|
3.5
Memahami pola dan menggunakannya untuk
menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
|
|
|
|
3.6
Memahami sifat-sifat bangun datar dan
menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
|
|
|
|
3.7
Mendeskripsikan lokasi benda dalam
koordinat Kartesius
|
|
|
|
3.8
Menaksir dan menghitung luas permukaan
bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
|
|
|
|
3.9
Memahami konsep transformasi
(dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri
|
|
|
|
3.10
Menemukan peluang empirik dari data
luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
|
|
|
|
3.11
Memahami teknik penataan data dari dua
variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis
|
|
|
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1
Menggunakan konsep aljabar
dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana
|
|
|
4.2
Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linier satu variabel
|
|
|
|
4.3
Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah
|
|
|
|
4.4
Menggunakan konsep perbandingan
untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
|
|
|
|
4.5
Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan
grafik
|
|
|
|
4.6
Menerapkan
prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam
memecahkan permasalahan nyata
|
|
|
|
4.7
Menyelesaikan permasalahan
nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
|
|
|
|
4.8
Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
|
|
|
|
4.9
melakukan percobaan untuk
menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk
tabel dan grafik
|
|
|
KELAS:
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai
prosedur dalam melakukan ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai
wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada
sistem koordinat Kartesius mengikuti
prosedur
2.2
Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam
melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud
implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta
bagian-bagiannya melalui alat peraga
2.3
Menunjukkan perilaku jujur dan
bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data
pengamatan
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menerapkan operasi aljabar yang
melibatkan bilangan rasional dan pecahan
3.2
Menentukan nilai variabel persamaan
linear dua variabel dalam konteks nyata
3.3
Menentukan nilai persamaan kuadrat
dengan satu variabel yang tidak diketahui
3.4
Menentukan gradien persamaan dari
grafik garis lurus
3.5
Menyajikan fungsi dalam berbagai
bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
3.6
Memahami unsur, keliling, dan luas
dari lingkaran
3.7
Memahami hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring
3.8
Memahami Teorema Pythagoras melalui
alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
3.9
Menentukan luas permukaan dan volume
kubus, balok, prisma, dan limas
3.10
Menerapkan lokasi benda dalam
koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif terhadap acuan tertentu
3.11
Menaksir dan menghitung volume
permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri
dasarnya
3.12
Memahami konsep perbandingan dengan
menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
3.13
Menemukan peluang empirik dan teoritik
dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
nyata
3.14
Memahami teknik penataan data dari dua
variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3
Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah nyata
4.4
Menyelesaikan permasalahan dengan
menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan
aritmatika
4.5
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menyelesaikan berbagai masalah
4.6
Menyelesaikan permasalahan nyata yang
terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.7
Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel
4.8
Melakukan percobaan untuk menemukan
peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang
teoritik
|
KELAS: IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargaidan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam
melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud
implementasi mempelajari sifat-sifat segitiga sebangun dan kongruen
2.2
Menunjukkan perilaku konsisten dan
teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai
wujud implementasi mempelajari barisan, deret aritmetika dan geometri
2.3
Menunjukkan perilaku jujur dan
bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data
pengamatan
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2
Memahami operasi aljabar yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
3.3
Menganalisis sifat-sifat fungsi
kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
3.4
Memahami perbandingan bertingkat dan
persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan
persamaan
3.5
Menentukan orientasi dan lokasi benda
dalam koordinat kartesius serta menentukan
posisi relatif terhadap acuan tertentu
3.6
Memahami konsep kesebangunan dan
kekongruenan geometri melalui pengamatan
3.7
Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola
3.8
menaksir dan mengitung luas permukaan
bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan
kombinasi geometri dasarnya
3.9
Menentukan peluang suatu kejadian
sederhana secara empirik dan teoritik
3.10
Menerapkan pola dan generalisasi untuk
membuat prediksi
3.11
Menentukan nilai rata-rata, median,
dan modus dari berbagai jenis data
3.12
Memahami teknik penyajian data dari dua variabel
menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan
hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan
3.13
Memahami konsep ruang sampel dan
menentukan anggota melalui percobaan
3.14
Memilih strategi dan aturan-aturan
yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyelesaikan permasalahan nyata yang
berkaitan dengan fungsi kuadrat
4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase
dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.3
Menyelesaikan permasalahan dengan
menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar
dan aritmatika
4.4
Menggunakan pola dan generalisasi
untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru
4.5
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan
4.6
Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel
dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta
mengambil kesimpulan
4.7
Menerapkan prinsip-prinsip peluang
untuk menyelesaikan masalah nyata
4.8
Membuat dan menyelesaikan model
matematika dari berbagai permasalahan nyata
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTs kelas VII VIII IX Kurikulum 2013 dalam format google drive dapat diunduh DISINI atau lihat di bawah ini
Info Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika kurikulum 2013 untuk Sekolah menengah pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII Kelas VIII dan Kelas IX.
Semoga Bermanfaat