KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTs
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
| 
KOMPETENSI INTI | 
KOMPETENSI
   DASAR |  |  | 
| 
1.  
  Menghargai dan menghayati ajaran agama
  yang dianutnya |  |  |  | 
| 
2.  
  Menghargai dan menghayati perilaku
  jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
  percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
  alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 
2.1      Menunjukkan
  perilaku konsisten dan teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah,
  dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman tentang operasi hitung
  bilangan bulat dan pecahan |  |  | 
| 
2.2      Menunjukkan
  perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
  masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat |  |  | |
| 
2.3      Menunjukkan
  perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
  dalam melaporkan data pengamatan |  |  | |
| 
2.4      Menunjukkan
  perilaku disiplin dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat
  sebagai wujud implementasi pelaksanakan prosedur dalam menggambar segitiga,
  garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbunya menggunakan
  penggaris, jangka, dan busur |  |  | |
| 
3.  
  Memahami pengetahuan (faktual,
  konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
  mata | 
3.1     
  Membandingkan dan mengurutkan berbagai
  jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan
  pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi |  |  | 
| 
3.2     
  Memahami pengertian himpunan, himpunan
  bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan
  contoh |  |  | |
| 
3.3     
  Menentukan nilai variabel dalam
  persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel |  |  | |
| 
3.4     
  Memahami konsep perbandingan dan
  menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran |  |  | |
| 
3.5     
  Memahami pola dan menggunakannya untuk
  menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan) |  |  | |
| 
3.6     
  Memahami sifat-sifat bangun datar dan
  menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas |  |  | |
| 
3.7     
  Mendeskripsikan lokasi benda dalam
  koordinat Kartesius |  |  | |
| 
3.8     
  Menaksir dan menghitung luas permukaan
  bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri |  |  | |
| 
3.9     
  Memahami konsep transformasi
  (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) menggunakan objek-objek geometri |  |  | |
| 
3.10 
  Menemukan peluang empirik dari data
  luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data |  |  | |
| 
3.11 
  Memahami teknik penataan data dari dua
  variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
  garis |  |  | |
| 
4.  
  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
  ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
  dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
  sudut pandang/teori | 
4.1     
  Menggunakan konsep aljabar
  dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial sederhana |  |  | 
| 
4.2     
  Membuat dan menyelesaikan model
  matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
  linier satu variabel |  |  | |
| 
4.3     
  Menggunakan pola dan
  generalisasi untuk menyelesaikan masalah  |  |  | |
| 
4.4     
  Menggunakan konsep perbandingan
  untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik |  |  | |
| 
4.5     
  Menyelesaikan
  permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan
  grafik   |  |  | |
| 
4.6     
  Menerapkan
  prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam
  memecahkan permasalahan nyata |  |  | |
| 
4.7     
  Menyelesaikan permasalahan
  nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium,
  jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang |  |  | |
| 
4.8     
  Mengumpulkan, mengolah,
  menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
  diagram, dan grafik  |  |  | |
| 
4.9     
  melakukan percobaan untuk
  menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk
  tabel dan grafik |  |  | 
KELAS:
VIII
| 
KOMPETENSI INTI | 
KOMPETENSI
   DASAR | 
| 
1.   Menghargai
  dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |  | 
| 
2.   Menghargai
  dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
  gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
   | 
2.1        
  Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai
  prosedur dalam melakukan ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai
  wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada
  sistem koordinat Kartesius  mengikuti
  prosedur 
2.2        
  Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam
  melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud
  implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta
  bagian-bagiannya melalui alat peraga 
2.3        
  Menunjukkan perilaku jujur dan
  bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data
  pengamatan | 
| 
3.   Memahami
  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
  fenomena dan kejadian tampak mata | 
3.1        
  Menerapkan operasi aljabar yang
  melibatkan bilangan rasional dan pecahan 
3.2        
  Menentukan nilai variabel persamaan
  linear dua variabel dalam konteks nyata 
3.3        
  Menentukan nilai persamaan kuadrat
  dengan satu variabel yang tidak diketahui 
3.4        
  Menentukan gradien persamaan dari
  grafik garis lurus 
3.5        
  Menyajikan fungsi dalam berbagai
  bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram 
3.6        
  Memahami unsur, keliling, dan luas
  dari lingkaran 
3.7        
  Memahami hubungan sudut pusat, panjang
  busur, dan luas juring 
3.8        
  Memahami Teorema Pythagoras melalui
  alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan 
3.9        
  Menentukan luas permukaan dan volume
  kubus, balok, prisma, dan limas 
3.10    
  Menerapkan lokasi benda dalam
  koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif terhadap acuan tertentu 
3.11    
  Menaksir dan menghitung volume
  permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri
  dasarnya 
3.12    
  Memahami konsep perbandingan dengan
  menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 
3.13    
  Menemukan peluang empirik dan teoritik
  dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
  nyata 
3.14    
  Memahami teknik penataan data dari dua
  variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
  garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel | 
| 
4.   Mengolah,
  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori  | 
4.1        
  Membuat dan menyelesaikan model
  matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua
  variabel 
4.2        
  Menggunakan konsep perbandingan untuk
  menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 
4.3        
  Menggunakan pola dan generalisasi untuk
  menyelesaikan masalah nyata  
4.4        
  Menyelesaikan permasalahan dengan
  menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan
  aritmatika  
4.5        
  Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
  menyelesaikan berbagai masalah  
4.6        
  Menyelesaikan permasalahan nyata yang
  terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring  
4.7        
  Mengumpulkan, mengolah,
  menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
  diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar
  variabel  
4.8        
  Melakukan percobaan untuk menemukan
  peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang
  teoritik | 
KELAS: IX
| 
KOMPETENSI
   INTI | 
KOMPETENSI
   DASAR | 
| 
1.   Menghargaidan
  menghayati ajaran agama yang dianutnya |  | 
| 
2.   Menghargai
  dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
  gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
   | 
2.1        
  Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam
  melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud
  implementasi mempelajari sifat-sifat segitiga sebangun dan kongruen 
2.2        
  Menunjukkan perilaku konsisten dan
  teliti dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai
  wujud implementasi mempelajari barisan, deret aritmetika dan geometri 
2.3        
  Menunjukkan perilaku jujur dan
  bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data
  pengamatan | 
| 
3.   Memahami
  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
  fenomena dan kejadian tampak mata | 
3.1        
  Memahami sifat-sifat bilangan
  berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan 
3.2        
  Memahami operasi aljabar yang
  melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar 
3.3        
  Menganalisis sifat-sifat fungsi
  kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya 
3.4        
  Memahami perbandingan bertingkat dan
  persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan
  persamaan 
3.5        
  Menentukan orientasi dan lokasi benda
  dalam koordinat kartesius serta menentukan 
  posisi relatif terhadap acuan tertentu 
3.6        
  Memahami konsep kesebangunan dan
  kekongruenan geometri melalui pengamatan 
3.7        
  Menentukan  luas selimut dan volume tabung, kerucut,
  dan bola 
3.8        
  menaksir dan mengitung luas permukaan
  bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan
  kombinasi geometri dasarnya 
3.9        
  Menentukan peluang suatu kejadian
  sederhana  secara empirik dan teoritik 
3.10    
  Menerapkan pola dan generalisasi untuk
  membuat prediksi 
3.11    
  Menentukan nilai rata-rata, median,
  dan modus dari berbagai jenis data 
3.12    
  Memahami  teknik penyajian data dari dua variabel
  menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan
  hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan 
3.13    
  Memahami konsep ruang sampel dan
  menentukan anggota melalui percobaan 
3.14    
  Memilih strategi dan aturan-aturan
  yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan | 
| 
4.   Mengolah,
  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 
4.1        
  Menyelesaikan permasalahan nyata yang
  berkaitan dengan fungsi kuadrat 
4.2        
  Menggunakan konsep perbandingan untuk
  menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase
  dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 
4.3        
  Menyelesaikan permasalahan dengan
  menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar
  dan aritmatika   
4.4        
  Menggunakan pola dan generalisasi
  untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru 
4.5        
  Menyelesaikan permasalahan nyata hasil
  pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan 
4.6        
  Mengumpulkan, mengolah,
  menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel
  dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta
  mengambil kesimpulan 
4.7        
  Menerapkan prinsip-prinsip peluang
  untuk menyelesaikan masalah nyata 
4.8        
  Membuat dan menyelesaikan model
  matematika dari berbagai permasalahan nyata | 
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP/MTs kelas VII VIII IX Kurikulum 2013 dalam format google drive dapat diunduh DISINI atau lihat di bawah ini
Info Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika kurikulum 2013 untuk Sekolah menengah pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII Kelas VIII dan Kelas IX.
Semoga Bermanfaat
